Karya Ilmiah Bisnis Clothing dan Distro Kalangan Anak Muda
KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
BISNIS CLOTHING / DISTRO KALANGAN ANAK MUDA
DISUSUN OLEH:
NAMA : ARDIANSYAH EKA DEWANTARA
NIM : 16.11.0162
KELAS : 16-S1TI-03
UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2016/2017
UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2016/2017
ABSTRAK
Bisnis Distro merupakan salah satu bisnis yang banyak diminati dan tepat digeluti
pada saat ini, karena anak-anak muda (laki-laki dan perempuan) sangat
memperhatikan penampilan agar tidak terlihat ketinggalan zaman.
Seorang pengusaha Distro harus cermat melihat trend, apabila distro kita selalu upto-
date tidak akan sepi dari pelanggan. Persainag usaha distro pada saat ini cukup
ketat, karena banyak yang sudah mengeluti usaha distro misalnya di Jl. Demangan
Yogyakarta, di sana banyak terdapat distro-distro yang saling bersaing mendapatkan
pengunjung.
Pameran Distro / Clothing |
Menggunakan barang-barang bermerek, mengunjungi distro, FO (Factori Outlet) dan
tempat-tempat yang menyediakan berbagai barang bermerek, merupakan gaya hidup
beberapa anak muda di kota besar sekarang. Ini yang membuat banyak owner sukses dengan
menekuni bisnis fashion, sekaligus bukti bahwa eksistensi clothing dan distro masih bertahan
hingga sekarang. Dan mulai banyak lagi yang menginvestasikan modalnya ke bisnis ini.
Clothing adalah istilah untuk menyebut perusahaan pembuat T-shirt. Istilah lengkapnya
adalah Clothing Company atau perusahaan yang memproduksi pakaian jadi di bawah merek
sendiri, clothing merupakan kategori untuk merek yang mengeluarkan produk pakaian jadi.
Pakaian jadi ini sebagian besar adalah t-shirt yang kemudian berkembang ke berbagai
perlengkapan yang menunjang gaya hidup seperti kemeja, sepatu, kacamata, jam tangan
bahkan mp3 player.
Sedangkan distro merupakan singkatan dari distribution store atau distribution outlet
yang fungsinya menerima titipan dari berbagai macam merek clothing company lokal yang
memproduksi sendiri produknya(t-shirt, tas, dompet, jaket, dan lain-lain) yang belum punya
pemasaran sendiri ataupun sekedar untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan,
maka tentunya clothing company sangat berhubungan baik dan saling membutuhkan.
Distro memiliki sifat eksklusif atau cenderung tidak menjual banyak produk untuk setiap
desainnya. Beberapa Clothing Company memang membatasi kuantitas produknya dengan
hanya satu kali produksi untuk satu desain. Distro juga memiliki suasana akrab sehingga
konsumen merasa nyaman untuk mampir dan berbelanja.
Walaupun bisnis distro terkesan indie, namun efeknya bisa menggeser merek-merek
lokal yang bermodal beser. Keunggulan distro adalah penyediaan produk yang memiliki desain
yang sangat eksklusif baik berupa tulisan atau gambar yang memiliki makna lebih yang bisa
menarik perhatian orang-orang muda yang selalu ingin tampil beda.
Jika Anda sudah siap melangkahkan kaki di bisnis ini, ada baiknya jika memperhatikan
beberapa hal yang mungkin terlihat sederhana namun ini akan membuat bisnis Anda siap
bersaing, Langkah pertama yang harus kita lakukan dalam memulai bisnis distro atau clothing
company adalah :
Pameran Disro / Clothing |
Nama tersebut harus menarik perhatian dan kepercayaan dari calon konsumen potensial yang
kita sasar, Sebelum memutuskan nama perusahaan, pertimbangkan dulu konsep desain logo.
Itulah sebabnya kita membutuhkan seorang tenaga desainer ahli untuk menyampaikan tipe,
karakter atau konsep melalui logo atau simbol, Oleh karena pentingnya logo maka tidak heran
para pengusaha besar berani mengeluakan dana yang sangat besar untuk membayar konsultan
atau desainer handal. Sebaiknya desain logo atau lambang tidak rumit, cukup dengan kata atau
gambar yang sederhana namun bisa mewakili konsep anda dan mudah di ingat tentunya.
2. Coba untuk menghubungkan nama atau logo dengan bidang bisnis atau konsep bisnis.
3. Mencari atau mengefaliasi pasar yang menjadi target pemasaran. Cara manual dalam
Mencari segmen pasar adalah melalui promosi mulut ke mulut pada teman-teman atau
komunitas yang kita punya. Kemudian bisa membuat brosur untuk promosi atau membuat
stiker logo untuk dibagikan secara gratis kepada teman-teman atau komunitas. Memulai usaha
clothing dapat dimulai dengan modal yang tidak begitu besar, yang paling penting memiliki
kemampuan, memiliki tekad yang kuat, komunikatif dan memiliki ruang lingkup atau
komunitas.
DAFTAR PUSTAKA
http://blog.kitagaya.com/info/peluang-usaha/usaha-distro-masih-punya-peluang-besaruntuk-menjadi-sukses.html/feed
http://orkalibrary.blogspot.co.id/2014/03/kumpulan-contoh-karya-ilmiah-lingkungan.html
0 komentar:
Posting Komentar